Jumat, 13 Januari 2012

Persiapan Video Conference

Persiapan Video Conference


Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk membangun teknologi komunikasi video conference, antara lain :

Infrastruktur / jaringan
Jaringan itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
Jaringan Private, yaitu jaringan yang hanya dapat terkoneksi atau diakses oleh internal grup itu sendiri.
Jaringan Public, yaitu jaringan yang dapat terkoneksi atau diakses oleh siapa saja dan dari mana saja.
Umumnya video conference menggunakan jaringan private, tetapi dapat juga menggunakan jaringan Internet ataupun keduanya.

Bandwidth
Pada saat menggunakan video conference, bandwidth yang dibutuhkan cukup besar. Rekomendasi kami adalah 512 kbps, walaupun secara sistem perangkat dapat dilakukan mulai dari bandwidth 128 kbps.

Quality of Service
Umumnya, jaringan yang digunakan oleh video conference adalah sama dengan jaringan untuk data dan internet. Pada saat berjalan bersamaan biasanya aplikasi video conference mudah sekali terganggu oleh data, sehingga efeknya adalah terkadang gambar putus-putus. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita dapat menerapkan Qos pada jaringan. Sehingga pada saat komunikasi video berjalan bersamaan dengan data, video tersebut tidak terganggu oleh aliran data karena kita sudah prioritaskan aplikasi video.

Display
Display untuk video conference dapat menggunakan display apa saja, baik itu Plasma TV, LCD TV, Projector atau yang saat ini ramai dibicarakan LED TV. Ada sedikit catatan untuk Projector, yaitu ansi lumen dari projector sebaiknya diatas 3000 ansi lumen. Hal ini karena antara camera dan Projector mempunyai sifat kontra, camera butuh cahaya terang sedangkan Projector umumnya di cahaya yang redup. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita membutuhkan ansi lumen dari Projector yang cukup tinggi.

Pencahayaan
Pencahayaan untuk ruangan video conference lebih di utamakan menggunakan lampu neon (putih). Hal ini untuk dapat lebih menampilkan warna natural. Apabila menggunakan lampu biasa, lebih cendrung ke warna kuning. Kemudian penempatan camera apabila ada jendela tidak boleh berhadapan langsung dengan jendela. diharuskan camera tersebut berada membelakangi sumber cahaya. Hal ini akan berdampak gambar yang ditangkap camera lebih cendrung gelap.

#VideoConference #Logitech #ConferenceCam #Webcam .

1 comments

Selamat siang Mas Harry
Jika harga tidak menjadi pertimbangan, manakah yang lebih baik untuk streaming antara C922 atau C930?
Apakah keduanya punya fitur pengaturan latar?
Apakah keduanya kompatibel untuk Mac OS?
Terima kasih


EmoticonEmoticon