Rabu, 25 Oktober 2017

Solusi Kemacetan Jakarta dengan Video Conference

Solusi Kemacetan Jakarta Solusi Kemacetan Jakarta dengan Video Conference



Kemacetan di Jakarta dan kota-kota sekitarnya mungkin sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi warga yang tinggal dan bekerja disana. Apalagi untuk masyarakat kota sekitar Jakarta (seperti Bekasi) yang setiap hari harus berangkat setelah Shubuh dan pulang malam. Tetangga saya kebanyakan bekerja di Jakarta. Setiap waktu Shubuh, sayup-sayup suara mesin mobil yang sedang dipanaskan mulai terdengar di komplek rumah. Dan mobil-mobil itu muncul lagi jam 8 atau 9 malam. Itu terjadi terus kecuali Sabtu dan/atau Minggu.
Menurut saya kemacetan ini sudah sangat memberi dampak negatif yang tidak main main. Dampaknya sangat besar ditinjau dari bidang produktivitas, ekonomi, psikis, kesehatan maupun lingkungan, bukan hanya masalah transportasi semata.


Produktivitas, dimana banyak janji atau meeting kantor yang tertunda serta berkurangnya jam kerja  karena kemacetan. (Sapta, 2009).
Ekonomi, dimana kemacetan menyebabkan bahan bakar yang terbuang habis di jalanan. Ibaratnya, bensin 5 liter untuk 5 hari, karena macet maka hanya cukup untuk 3 hari saja. Sehingga, biaya membeli bahan bakar akan membengkak.
Psikis, dimana banyak orang yang terjebak macet akan merasa gelisah, tertekan, dan peningkatan emosional lainnya sehingga memicu peningkatan stress (Tondok, 2009).
Kesehatan, dimana kualitas hidup masyarakat akan menurun akibat polusi udara yang menimbulkan beberapa gangguan pernapasan (Setyono, tanpa tahun)
Lingkungan, dimana gas hasil kendaraan bermotor berpotensi meningkatkan polusi udara. Zat zat dan gas hasil pembakaran seperti karbon monoksida, yang berbahaya bagi lapisan ozon. (Moeis, tanpa tahun). Bumi menjadi semakin panas, ozon yang menipis menyebabkan radiasi sinar matahari tidak terfilter dengan baik.



Solusi Kemacetan Jakarta adalah homework atau berkerja di rumah dengan menggunakan internet semua dapat dilakukan dimana saja. Jika ingin meeting cukup hanya menggunakan software video conference lalu ditambahan Logitech Video Collaboration bisa menggunakan Logitech Group untuk ruangan besar dan Logitech MeetUP untuk ukuran sedang. Logitech Group & Logitech MeetUP dapat digunakan di Kantor. Untuk portable dapat menggunakan Logitech Connect seperti gambar dibawah ini :

Logitech Connect lebih digunakan conferencecam portable, all-in-one terdapat audio maupun video, video conference solution dengan HD 1080p. 
Berikut speksifikasinya sebagai berikut :
  • HD 1080p video quality at 30 frames per second
  • On-board H.264 Encoding with Scalable Video Coding (SVC) and UVC 1.5  
  • 90° field of view with digital
  • 4x digital zoom in Full HD, Autofocus
  • ZEISS® lens certification
  • 360° audio with 3.6m diameter range
  • Omni-directional full duplex mics 
  • Acoustic echo and noise-cancelling technology
  • Rechargeable battery, Portable
  • Wireless screen-mirror projection
  • Bluetooth® and Near Field Communication (NFC) technologies3 (Bluetooth® for Audio Conference only)
  • Kensington security slot


#VideoConference #Logitech #ConferenceCam #Webcam .


EmoticonEmoticon