Sabtu, 24 November 2018

Jenis Video Conference

Jenis Video Conference


Jenis Video Conference menurut saya, bisa dibagi 2 (dua) jenis video conference. Yakni Video Conference Tradisional / Hardware dan Video Conference Cloud / Software

Video Conference Tradisional

Video Conference Traditonal ini adalah merupakan hardware base. Jadi Video Conferencevnya masih menggunakan port. baik port IP (Internet Protocol) dan ISDN (Integrated Services Digital Network).



Video Conference menggunakan ISDN (Integrated Services Digital Network) yakni semacam menggunakan line telepon digital, biasanya menggunakan ISDN BRI (Basic Rate Inteface). Harga harware yang cukup mahal. ditambah harga installasi dan biaya call / komunikasi video conference dihitung per dial. jika video conference harus keluar negeri lebih mahal lagi biayanya.


Video Conference Tradisional / Hardware  menggunakan IP (Internet Protocol). Mengsetup dan konfigurasi setting video conference baik secara endpoint maupun infrastruktur. Installasi di awal memang agak lebih ribet dan harus orang IT atau orang UC/VC (Unified Communication/Video Canference). Harga video conferencenya cukup mahal baik endpoint maupun infrastruktur dan juga memerlukan biaya installasi yang cukup mahal dan ditambah lagi harus mempunyai orang dedicate untuk handle UC/VC (Unified Communication/Video Canference).

Video Conference Cloud / Software



Teknologi berkembang seiring waktu, internet semakin lama semakin cepat, dan di iringi PC/Laptop juga processor dan RAM semakin tinggi dan penggunaan smartphone juga sudah banyak. Dan disertai banyak sekali aplikasi video conference dapat di download baik di windows, apple, android dan yang lainnya. Bahkan chat yang basisnya social media sudah dapat melakukan video conference contohnya whatapps, line, facebook dan yang lainnya.

Namun video conference bagi pengguna enterprice disarankan menggunakan yang berbasis enterprice juga. Salah satu point yang sangat penting dari enterprice yakni mengenai security. Untuk video conference enterprise memang agar sedikit berbeda dari pada yang free / gratis yakni security / enkripsi, jumlah participan, streaming dan recording dan yang lain.
Jika ingin di implementasikan ke dalam satu ruangan meeting tinggal ditambahankan Logitech Video Collaboration yang mana menawarakan solusi device ConferenceCam untuk ruang meeting dan Webcam untuk personal. dan bisa ditambah display baik project, tv atau interaktif display.

#VideoConference #Logitech #ConferenceCam #Webcam .


EmoticonEmoticon